Punya Pertanyaan?
Mari berbincang.
Kurangi Stres dan Makan Berlebih dengan Menata Dapur, Begini 4 Triknya

26 November 2021

Kitchen is the heart of the home – membayangkan sebuah rumah sebagai seorang manusia beserta organ tubuhnya, maka dapur menjadi jantung berdetak yang membantunya bertahan hidup. Di dalam dapur, resep serta menu masakan tercipta dan memberikan kesenangan bagi siapapun yang menikmatinya. Namun, siapa sangka bahwa keadaan dapur beserta isinya dapat mencerminkan gaya hidup sang pemilik rumah? 

Apakah kamu sedang menjalani program diet untuk menjaga kesehatan dan berat badan ideal? Rupanya, membiarkan dapur dalam keadaan berantakan dan kotor dapat mempengaruhi kondisi psikologis yang nantinya juga dapat memicu pola makan kurang sehat, lho. Penelitian di jurnal Environment and Behavior pada 2016 mengungkapkan bahwa sebagian besar responden perempuan yang diklasifikasi atas kondisi mental stabil dan labil cenderung makan lebih banyak ketika situasi dapur mereka kurang teratur. Untuk itu, di bawah ini adalah beberapa trik yang dapat kamu lakukan saat merapikan dapur.

Baca juga: Tak Hanya Raga, Ini 5 Manfaat Membersihkan Rumah unutk Kesehatan Jiwa 

  1. Bersihkan dapur dari produk makanan yang kurang menyehatkan. Tanpa disadari, dapurmu mungkin berisi aneka makanan instan atau kalengan kesukaan yang sebenarnya kurang sehat jika dikonsumsi. Selain itu, kamu mungkin masih menyimpan bumbu atau bahan masakan yang telah melewati batas kadaluarsa. Tahap ini adalah dimana kamu menyimpan item yang menjadi pilihan sehat seperti sayuran atau bumbu organik, dan menyingkirkan bahan makanan yang dirasa memberikan sedikit manfaat. 
  1. Rapikan rak peralatan dan tempat penyimpanan lainnya. Kondisi dapur yang teratur dengan peralatannya tersimpan di tempatnya masing-masing disinyalir mengurangi stres pemilik rumah. Memenuhi dapur dengan bahan-bahan makanan segar seperti sayur dan buah juga dapat meningkatkan motivasi kamu untuk memasak di rumah, yang tentunya akan menciptakan kebiasaan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.
  1. Kulkas dan isinya juga perlu dibersihkan, lho! Serupa dengan apa yang dilakukan pada tahap pertama, item-item yang berada di dalam lemari es juga perlu disortir. Seringkali, kulkas terlihat penuh dengan beragam item yang tidak hanya memberikan kesan berantakan, tapi juga berpotensi menghasilkan bau tidak sedap. Untuk itu, usahakan kulkas dibersihkan secara rutin dan diisi dengan buah-buahan serta sayuran. Dengan demikian, kulkasmu dapat menginspirasi gaya hidup yang lebih sehat. 
  1. Jangan menimbun peralatan masak yang tidak terpakai. Kamu mungkin hobi mengoleksi set peralatan masak yang beragam rupa dan fungsi. Tanpa disadari, laci dapurmu semakin penuh dengan peralatan yang menimbun, sehingga menjadikan kondisi dapur berantakan dan memicu kecemasan. Untuk itu, akan lebih baik jika kamu hanya menyimpan peralatan yang dipakai sehari-hari, dan menyumbangkan peralatan lain yang jarang atau tidak pernah terpakai.

Baca juga: 3 Superfoods to Boost Your Immune System 

Walaupun sepele, menata dapur agar kembali bersih dan teratur memberikan manfaat bagi penghuni rumah. Nah, dapur impianmu boleh jadi ada di hunian Graha Raya yang sudah siap kamu huni lewat promo YES (Year End Sale)! Dapatkan diskon hingga 300 juta*, bisa libur bayar plus AC di setiap kamar*. Untuk informasi selengkapnya, hubungi (021) 5312 3000 atau WhatsApp ke 0877 5312 3000. Yuk, wujudkan hidup sehat dan bahagia bersama keluarga di Graha Raya!

*Syarat dan ketentuan berlaku

Share