Punya Pertanyaan?
Mari berbincang.
Berniat Membangun Rumah Sudut, Berikut 4 Poin untuk Dipertimbangkan

28 Juni 2021

With great power comes great responsibility” – salah satu pepatah terkenal ini dapat berlaku untuk memaparkan tipe rumah sudut lho! Ya, rumah sudut merupakan salah satu tipe rumah yang paling diincar pemburu rumah maupun properti karena letaknya yang strategis dan menyediakan berbagai kemudahan serta keuntungan. Meskipun demikian, kemudahan dan keuntungan tersebut tidak lepas dari pertimbangan dan tanggung jawab yang besar jika dibandingkan dengan pembangunan rumah tipe biasa. Apa saja poin-poin yang harus dipertimbangkan agar kemudahan rumah sudut dapat dimaksimalkan? Berikut ulasannya.

 

1. Pastikan rumahmu mematuhi peraturan GSB dan GSJ

Seperti yang telah diuraikan di berbagai sumber terkait pembangunan rumah sudut, ada dua peraturan dasar resmi yang harus dipahami sebelum merencanakan pembangunan rumah, yang kita kenal sebagai GSJ (Garis Sempadan Jalan) dan GSB (Garis Sempadan Bangunan). GSJ adalah garis semu batas pekarangan terdepan dimana fasilitas umum seperti saluran instalasi air, listrik, gas, dan pembuangan ditempatkan sehingga bangunan tidak boleh melewati garis tersebut. Sementara itu, GSB merupakan garis semu yang membatasi jarak terdekat bangunan terhadap tepi jalan dan berfungsi sebagai pembatas ruang serta menjamin kebebasan pemilik rumah untuk menikmati ruang terbuka hijau sebagai halaman rumahnya.

Baca juga: Ciptakan Taman Mungil di Rumah Minimalis

2. Tentukan tipe dan tinggi pagar yang ideal

Walaupun terdengar sepele, tipe dan tinggi pagar yang akan dipesan untuk calon rumah sudutmu adalah detail yang juga penting untuk dipertimbangkan. Pasalnya, pagar yang terlalu tinggi dapat membatasi jarak pandang pemilik rumah terhadap area luar. Dengan memasang pagar yang lebih pendek, kamu lebih mudah untuk memantau orang atau pengendara yang berlalu Lalang di sekitar tanah hook.

3. Utamakan aspek keamanan rumah

Tantangan yang mungkin dihadapi para calon penghuni rumah sudut adalah mempertimbangkan aspek keamanan rumah, karena rumah sudut yang terletak di pinggir jalan memang lebih berpotensi menjadi target pencuri. Untuk itu, melakukan antisipasi seperti pemasangan CCTV untuk memudahkan pemantauan, teralis pada pintu dan jendela, serta gembok untuk setiap pintu dapat memberikan rumahmu pengamanan ganda.

4. Pastikan privasi kamu tetap terjaga baik

Walaupun lokasi rumah sudut memudahkan pemilik rumah untuk mengakses alternatif jalan untuk mobilitas, letaknya yang berada di pinggir jalan berpotensi mempengaruhi privasi para penghuni. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mempertimbangkan detail seperti ukuran jendela, atau ukuran tirai dan warna kain untuk menutupi jendela tersebut sehingga kamu dapat menetap di rumah dengan nyaman.

Baca juga: Jadilah Arsitek Dadakan! Bangun Rumah Impian di Kaveling Siap Bangun Graha Raya

Nah, rumah sudut impian kamu bisa jadi ada di Graha Raya! Pilihan desain rumah sudutmu hadir dalam dua pilihan, yaitu unit Ciara yang bertemakan fasad cerah dengan thick wood, dan unit Althea yang mengusung ambience fasad kelabu. Keduanya diluncurkan dalam stok terbatas dengan DP hanya 5% dan cicilan 6 jutaan perbulan*. Ayo, segera wujudkan mimpimu untuk tinggal dan berinvestasi di rumah sudut di Graha Raya! Kamu dapat menghubungi (021) 5312 3000 atau WhatsApp di 0877 5312 3000 untuk informasi lebih lanjut.

Share