Punya Pertanyaan?
Mari berbincang.
3 Jenis Pembayaran Rumah

16 September 2019

Jika ingin membeli rumah, tentunya kita harus mengetahui bagaimana skema pembayarannya. Setelah mengetahuinya, kita juga harus menyesuaikannya dengan anggaran yang kita miliki. Jumlah anggaran yang tidak besar adalah salah satu alasan yang membuat kita menjadi ragu untuk membeli rumah. Sebenarnya, kita tidak perlu khawatir jika memiliki anggaran yang tidak besar karena untuk membeli rumah, ada jenis pembayaran KPR atau Kredit Pemilikan Rumah.

KPR adalah skema pembayaran hingga 90% dari harga rumah yang dikeluarkan oleh pihak bank. Kita hanya perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar DP rumah dan membayar cicilan kredit ke pihak bank. Selain KPR, ada juga jenis pembayaran rumah lainnya yang bisa dijadikan opsi, seperti tunai keras dan tunai bertahap.

Tunai keras merupakan jenis pembayaran yang dilaksanakan dalam waktu paling lambat 1 bulan. Pembayaran jenis ini sangat direkomendasikan untuk orang yang memiliki anggaran yang sangat besar dan mampu melunasi rumah dalam kurun waktu yang sangat pendek.

Jika mempunyai anggaran yang cukup besar dan sanggup untuk mencicil rumah dalam jangka waktu pendek, maka tunai bertahap bisa jadi pilihan. Pada umumnya, tunai bertahap dilaksanakan dalam kurun waktu 6-24 bulan.

Share